MULAI MENULIS DAN MEMBUKA BLOG AKHIR DES 2008


MULAI MENULIS DAN MEMBUKA BLOG AKHIR DES 2008

Kumulai menulis Blog ku ini di akhir Desember 2008, semoga bisa bermanfaat bagi orang lain maupun diriku sendiri. Ini karena pengaruh tulisan di koran-koran tentang Blog dan para Blogger, yang banyak dikunjungi orang dan bahkan kemudian dibukukan. Alangkah menariknya. Sebuah buku bisa muncul dari sebuah Blog. Tentu Blog tak ubahnya seperti catatan harian, tapi catatan harian yang layak dibaca umum dan bisa memberi pengetahuan. Jadi tidak berisi tetek bengek konflik emosiaonal yang bersifat personal, tapi detil-detil suatu fenomena dalam kehidupan yang mungkin menarik dan bermanfaat bagi orang lain. Mungkin seperti catatan perjalanan Laksamana Ceng-Ho, atau catatan perjalanan Abdulah Bin Abdul Kadir Munsyi di abad 18 yang banyak diteliti dan dibukukan para ahli-ahli negeri barat.
Mungkin juga seperti studi, perenungan, dan analisis Sigmund Freud yang menciptakan psikoanalisa dan psikiatri serta psikologi. Tulisan-tulisan yang kemudian menjadi bahan kuliah, dan banyak buku seabad kemudian. Tulisan-tulisan yang dikatakan orang bernilai sastra pula. Sejak dulu aku ingin melakukan hal itu, baru pada usiaku yang telah lebih 50 tahun ini baru kukerjakan. Ya, tapi apakah perihal dalam hidupku ini yang layak dituliskan? Tentunya banyak, asal ditulis dengan detil-detil yang penting dan wawasan pengetahuan yang mendalam, bukankah ini syarat sebuah buku ditulis?
Mungkin masa kecilku sebagai anak yang dilahirkan di Gang Wirogunan Taman Siswa. Sebagai anak sepasang guru Taman Siswa yang sekolah di Taman Indriya, Taman Muda, Taman Siswa. Judulnya, yang kurenungkan, adalah Neng Ning Nung Nang Anak Taman Siswa, atau Laskar Jipang Taman Siswa. Wah, tentunya ini seru, karena berisi kisah-kisah perjuangan anak Taman Siswa di tahun 60an, dengan klimaksnya peristiwa "G30S PKI". Semua anak seusiaku pasti merasakan hal itu.
Kemudian pengalaman sebagai dokter puskesmas di kecamatan Ossu, Kabupaten Viqueque Timor Timur. Tentu banyak orang tidak tahu bagaimana perjuangan para dokter yang bertugas di wilayah perang yang akhirnya toh terlepas dari Indonesia itu. Atau pengalaman sebagai aktivis pramuka di tahun 70an, yang tentunya beda dengan jaman kepanduan tahun 50an, atau jaman "pramuka sekolahan" sekarang.
Entahlah. Mungkin juga kehidupanku sebagai dokter jiwa di RSJ kuna penginggalan Belanda. Dan tentu saja ilmu pengetahuan psikiatri, analisis-analisis kejiwaan, konsep-konsep baru psikiatri yang tentunya bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Mungkin juga cerita-cerita pendek dari RSJ kuna, meski berupa draf saja. Wah, cukup banyak juga, mungkin menjadi kesibukanku sebagai pekerja dibidang kesehatan mental, bila aku telah diberhentikan sebagai struktural. Yang jelas untuk tahun ini ada dua peristiwa penting bagiku, yaitu mengikuti dan menjadi pembicara pada KONAS ke IV Skizofrenia di Lombok, dan sekaligus "lounching" bukuku yang pertama, MEREKA BILANG AKU SAKIT JIWA. Dua hal ini akan kutulis sendiri-sendiri, mengawali Blog ini, selain mengisi pelatihan PSIKOMETRI bagi para psikiater, teman-temanku tercinta di RSJ Semarang.

------------------------------------